UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENJAS ADAPTIF MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT CENTER LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAY AND SIMULATION

Iman Rubiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mahasiswa PJKR angkatan 2010 Tahun Ajaran 2013/2014 dalam matakuliah Penjas Adaptif dengan menerapkan pembelajaran student center learning dengan mengunakan model role play and simulation. Penelitian ini menggunakan metode clasroom action research Dengan populasi mahasiswa kelas J berjumlah 31 orang. Setelah menerapkan pembelajaran Student Center Learning dengan model role play and simulation diperoleh data dari hasil evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa awalnya  dinyatakan belum mencapai KKM karena 12 mahasiswa hanya mencapai nilai di bawah 70. Sedangkan data hasil setelah menggunakan pembelajaran student center learning dengan menggunakan model role play and simulation menunjukan adanya peningkatan pada hasil post test, dengan hasil 31 mahasiswa semuanya mencapai 100% di atas nilai KKM.

 

Kata kunci: Penjas Adaptif, Pembelajaran SCL, Model Role Play & Simulation.


Full Text:

HTML


DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v1i2.8072

Article Metrics

Abstract view : 496 times
HTML - 395 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PRESTASI