Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Sekolah berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Sekolah disingkat JS, dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. Jurnal Sekolah merupakan jurnal yang berisi tulisan Dosen, Guru, dan Mahasiswa. Diterbitkan empat kali dalam setahun yaitu maret, juni, september dan desember dalam bentuk elektronik dan cetak oleh prodi PGSD FIP UNIMED. Agenda Jurnal Sekolah menjadi penting perannya bagi Prodi PGSD FIP UNIMED, dalam mendorong terbangunnya inovasi pendidikan yang dapat memberikan jawaban atas berbagai persoalan daerah, nasional maupun global. Sesuai dengan kapasitasnya dan dilandasi oleh kepentingan nasional, Jurnal Sekolah diterbitkan sebagai wadah mempermudah masyarakat khususnya dosen Prodi PGSD FIP UNIMED untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdiannya kepada masyarakat. Jurnal Sekolah pertama kali terbit pada tahun 2016. Ketika itu, Jurnal Sekolah sudah mempunyai ISSN cetak, namun belum mempunyai ISSN elektronik. Seiring berjalannya waktu, Jurnal Sekolah terus belajar dan mencoba mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Hingga saat ini, Jurnal Sekolah sudah mempunyai ISSN cetak dan elektronik. ISSN Cetak: 2548-8856 dan ISSN Elektronik: 2549-127X. Secara perlahan pada 2016, menerbitkan tulisan secara online (electronic journal) yang berbasis OJS (Open Journal System) pada laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal Sekolah menerapkan kebijakan proses review sebagai berikut :

  1. Penulis disarankan telah melakukan cek plagiarisme serta sudah bebas pelanggaran hak cipta lainnya sebelum disubmit.
  2. Manuskrip yang di submit author, akan melewati proses review oleh editor, terutama pengecekan kesesuaian dengan ruang lingkup dan template Jurnal. Dalam proses ini, editor akan menjalin komunikasi dengan penulis sehingga manuskripnya layak dikirim ke Reviewer atau bahkan dikembalikan/decline.
  3. Naskah yang telah melewati langkah diatas, maka dikirim ke 2 orang reviewer untuk ditinjau kontennya dengan metode blind review.
  4. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektifitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi.
  5. Reviewer akan menyarankan perbaikan dan/atau penerimaan/menolak manuskrip.
  6. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan Jurnal Sekolah.
  7. Keputusan editor in chief adalah final.
  8. Seluruh proses review dilaksanakan secara penuh berbasis web OJS.

 

 

Open Access Policy

Pernyataan Akses Terbuka

Jurnal Sekolah  dengan p-ISSN: 2548-8856 & e-ISSN: 2549-127X  memegang prinsip bahwa semua penelitian adalah untuk kepentingan umat manusia. Penelitian adalah produk investasi oleh masyarakat dan oleh karena itu hasilnya harus dikembalikan kepada semua orang tanpa batas atau diskriminasi, melayani masyarakat secara universal dan transparan. Itulah mengapa Jurnal Sekolah menyediakan akses online gratis dan terbuka ke semua publikasi penelitiannya. Seluruh artikel yang dinyatakan diterima akan tersedia seketika dan bebas diunduh pada laman https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/ tanpa batas dan tanpa biaya.

Jurnal Sekolah memahami bahwa di dunia ini semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mencari, berbagi, dan menciptakan pengetahuan - kami berharap para penulis bergabung dengan kami dalam konsep akses terbuka ini.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Frequency

Artikel-artikel JS (Jurnal Sekolah) diterbitkan setiap tiga bulan sekali (Maret, Juni, September, dan Desember).

 

Publication Ethics

Jurnal Sekolah dengan ISSN Cetak: 2548-8856 dan ISSN Elektronik: 2549-127X adalah jurnal peer-review, diterbitkan oleh Pusat Studi Teknologi Informasi (PSTI) Universitas Bandar Lampung dan saat itu masih bernama Research of Information Technology (RIT) sejak 2010 sebagai jurnal nasional yang bertujuan untuk mengembangkan Ilmu Kompututer, Informatika dan Sistem Informasi dengan menyebarluaskan hasil penelitian di berbagai bidang Ilmu Komputer. Ini tersedia secara online sebagai sumber akses terbuka maupun dalam bentuk cetak. Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan menerbitkan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, Dewan Editorial, pengulas, dan penerbit.

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Publikasi sebuah artikel dalam Jurnal Sekolah adalah pondasi bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan dan penyebaran luasannya. Ini adalah cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel yang diulas rekan mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor, peninjau, penerbit, dan masyarakat. Sebagai penerbit Jurnal Sekolah, Penerbit menjalankan tugas perwaliannya dengan serius di semua tahap penerbitan dan mengakui tanggung jawab etis dan tanggung jawab lainnya. dan Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh terhadap keputusan editorial. Pedomanan etika publikasi Jural Sekolah berdasarkan dan berpedoman pada Cope’s core practice.

Keputusan publikasi

Editor Jurnal Sekolah bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal yang akan dipublikasikan. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Aspek Keadilan

Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis yang sesuai, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit, yang sesuai.

Pengungkapan dan konflik kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Tugas Reviewer

Kontribusi terhadap Keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

Kecepatan

Setiap Artikel terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah naskah atau mengetahui bahwa tinjauan cepatnya tidak mungkin dilakukan harus memberi tahu editor dan minta diri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Tinjauan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak diperkenankan. Editor harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber

Peninjau harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor tentang kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan setiap makalah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan makalah.

Tugas Penulis

Standar pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di koran. Sebuah makalah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain bahwa ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

Publikasi Berganda, Redundan, atau Bersamaan

Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan naskah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat karya yang dilaporkan.

Daftar Penulis Manuskrip

Penulis harus dibatasi hanya kepada mereka yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai penulis pembantu. Orang atau pihak lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis korespondensi harus memastikan bahwa semua penulis yang sesuai tercantum dalam manuskrip dan tidak ada penulis yang tidak sesuai, dan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi final dari kertas dan telah sepakat untuk pengajuan untuk publikasi.

Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan


Jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa melekat dalam penggunaannya, penulis harus dengan jelas mengidentifikasi ini dalam naskah.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan baik substantif atau keuangan yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi manuskrip mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek tersebut harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan signifikan dalam karya yang diterbitkannya, adalah kewajiban penulis untuk segera memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki manuskrip.

 

 

Plagiarism Policy

Kebijaksanaan Plagiasi

Tim Editorial Jurnal Sekolah mengakui bahwa plagiat tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan spesifik (hukuman) bila plagiat diidentifikasi dalam sebuah artikel yang diajukan untuk dipublikasikan di Jurnal Sekolah.

Definisi:
Plagiat adalah perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.

Untuk Itu, maka :

Artikel harus asli, belum pernah diterbitkan, dan tidak dalam proses menunggu publikasi di tempat lain. Materi yang diambil secara verbal dari sumber lain perlu diidentifikasi secara jelas sehingga berbeda dari teks asli.

Jika teridentifikasi plagiat, maka, Pemimpin Redaksi bertanggung jawab atas peninjauan kembali artikel tersebut dan akan menyetujui tindakan sesuai dengan tingkat plagiat yang terdeteksi, dengan pedoman berikut:

Tingkat Plagiarisme
1. Menjiplak sebagian kalimat pendek dari artikel lain tanpa menyebutkan sumbernya. Tindakan: Penulis diberi peringatan dan permintaan untuk mengubah teks dan mengutip dengan benar.
2. Menjiplak sebagian besar artikel lain tanpa kutipan yang tepat dan tidak menyebutkan sumbernya. Tindakan: Artikel yang diajukan ditolak untuk publikasi di Jurnal Sekolah dan Penulis dapat diberi sanksi untuk tidak diperbolehkan publikasi di Jurnal Sekolah

3. JS (Jurnal Sekolah) menggunakan aplikasi Turnitin untuk melakukan pendeteksian similarity berdasarkan artikel yang disubmit di OJS. Untuk setiap artikel yang layak untuk di publikasikan maksimum memiliki persentasi similarity 25%. Jika kami menemukan artikel dengan tingkat similarity lebih dari 25% , maka kami akan mengembalikan kepada author untuk direvisi dan di resubmit.

Semua penulis artikel bertanggung jawab atas isi artikel yang mereka kirimkan karena mereka semua menandatangani Formulir Surat Pernyataan Etika Publikasi/ Letter Originality Jurnal Sekolah. Jika Artikel tergolong plagiat, maka semua penulis akan dikenai tindakan yang sama.

Jika Penulis terbukti mengajukan naskah ke Jurnal Sekolah dengan secara bersamaan mengirimkan juga ke Jurnal lain, dan tumpang tindih ini ditemukan selama proses reviewer atau setelah publikasi, maka diberi tindakan sesuai point 2 diatas.

Jika ditemukan tindakan plagiat diluar aturan diatas, editor Jurnal Sekolah berhak memberikan tindakan sanksi sesuai kebijakan tim editor.