LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING: MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL
Abstract
Abstract: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D yaitu: (1) define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Hasil penelitian menunjukan: (1) Uji validasi ahli materi bahwa media yang dikembangkan sangat layak skor rata-rata 84%. (2) Uji validasi Ahli Desain Instruksional kriteria sangat layak skor rata-rata 87%. (3) Uji validasi Ahli Media kategori sangat layak skor rata-rata 83%. (4) Uji coba perorangan kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 90%. (5) Uji coba kelompok kecil kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 87%. Dan, (6) Uji coba lapangan kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 89%. Uji kepraktisan oleh guru sangat baik dengan skor rata-rata 88%, sedangkan hasil uji kepraktisan pada siswa skor rata-rata 90% kategori sangat baik. Hasil percobaan penggunaan E-LKPD berbasis PBL pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar 86, sedangkan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan E-LKPD berbasis PBL nilai rata-rata 70. Pengujian hipotesis menggunakan Independent t-test mendapatkan hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana hasil tersebut < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan menggunakan E-LKPD berbasis PBL dengan kelas tanpa menggunakan E-LKPD berbasis PBL. Oleh karena itu, penggunaan E-LKPD berbasis PBL dalam pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional peserta didik.
Keywords: E-LKPD, Problem Based Learning, berpikir komputasional
Abstract: This research and development aims to produce E-LKPD learning media based on PBL to improve students' computational thinking skills. This type of research is development research using the 4D development model, namely: (1) define, (2) Design, (3) Develop, and (4) Disseminate. The results of the study showed: (1) The validation test of the material expert that the media developed was very feasible with an average score of 84%. (2) The validation test of the Instructional Design Expert criteria was very feasible with an average score of 87%. (3) The validation test of the Media Expert category was very feasible with an average score of 83%. (4) Individual trials criteria were very good with an average score of 90%. (5) Small group trials criteria were very good with an average score of 87%. And, (6) Field trials criteria were very good with an average score of 89%. The practicality test by the teacher was very good with an average score of 88%, while the results of the practicality test on students had an average score of 90% in the very good category. The results of the experiment using PBL-based E-LKPD in the experimental class average learning outcomes of 86, while students who were taught without using PBL-based E-LKPD had an average score of 70. Hypothesis testing using the Independent t-test obtained sig. (2-tailed) results of 0.000 which results <0.05 there is a significant difference between classes taught using PBL-based E-LKPD and classes without using PBL-based E-LKPD. Therefore, the use of PBL-based E-LKPD in learning is effective in improving students' computational thinking skills.
Keywords: E-LKPD, Problem Based Learning, computational thinking
Full Text:
PDFReferences
Afridhonal, A., & Effendi, E. (2021). Pengembangkan Bahan Ajar Elektronik LKPD yang Terintegrasi STEM-PjBL pada Materi Termokimia di SMAN 1 Gunung Talang. Jurnal Entalpi Pendidikan Kimia
Ardiansyah, Yusuf dan Sulistyowati, 2018, Pengaruh Kompetensi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai, Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(1).
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Kaubaka Dipantara.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baret, T., & Moore, S. 2011. New Approaches to Problem-based Learning: Revitalising your Practice in Higher Education. New York: Routledge.
Batul, F. A. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Sscs Dengan Pendekatan Rme Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5074
Borg, W.R and Gall, M.D. 2003. Educational Research: An Introduction 4 th Edition. London: Longman Inc.
Brennan, K., & Resnick, M. 2012. New Frameworks for Studying and Assessing the Development of Computational Thinking. Proceedings of the 2012 Annual Meeting of the American Educational Research Association, 1, Vancouver, 13-17, 25 p. http://scratched.gse.harvard.edu/ct/files/AERA2012.pdf
Cahdriyana, R. A. & Richardo, R. 2020. Berpikir Komputasi dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI, 11(1), 50-56. DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020
Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. 2015. Computational thinking A guide for teachers. In Computing At School.
Destrineli. 2020. Peran Literasi dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 164/I Sridadi. JIP:Jurnal Ilmiah PGMI, 144-156.
Dimyati, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Downes, S. 2006. Learning networks and connective knowledge. Instructional Technology Forum: Paper 92. http://it.coe.uga.edu/itforum /paper92/paper92.html
Fauzi. 2020. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Umkm Industri Shuttlecock Di Desa Lawatan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal.
Gani, H. A., & Zulhaji. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Audio Visual Pada Mata Kuliah Teknik Sepeda Motor. Jurnal Medtek, 85-101.
Gerlach, & Ely. 1971. Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Google. 2010. Exploring Computational thinking. Retrieved 1 21, 2023, from Google for Education: https://edu.google.com/resources/programs/exploring-computational-thinking/
Hanafy, M. S. 2014. Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Kop, R., & Hill, A. 2008. Connectivism: Learning Theory of the Future or Vestige of the Past?. International Review of Research in Open and Distance Learning, 9(3), 1-13.
Loyens Sofie M.M, L. W. 2022. Student-centered instruction: inquiry-, problem-, project-, and case-based learning. International Encyclopedia of Education (Fourth Edition).
Malik, Syaeful, dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. Researchgate DOI: 10.13140/RG.2.2.34438.83526
Mardhiyana, D., & Sejati. & E. O. W. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis 72 Masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672– 688.
Miarso, Y. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Milala, H. Farta, dkk. 2022. Keefektifan Dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 11(2), 195-202
Mohanty, R. 2018. A Proposed What-Why-How (WWH) Learning Model for Students and Strengthening Learning Skills Through Computational thinking. Progress in Intelligent Computing Techniques: Theory, Practice, and Applications, Advances in Intelligent Systems and Computing, 135. doi:DOI 10.1007/978-981-10-3376-6_15
Musfiqon, N. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Mushtofa. 2021. INFORMATIKA. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Nugraha, A. N., & Muhtadi, A. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Pada Materi bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 16-31.
Nurhayati, D. 2017. Pengembangan media pembelajaran berbasis TIK untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(4), 439-446.
Nurhidayati, S. 2021. Efektivitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 0–5. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.995
Nuriansyah, F. 2020. Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan, Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346
Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rohman M, A. S. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan SIstem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 96.
Santyasa, I. W. 2018. Student centered learning: Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2009. Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suyono, H. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tang, X.2020. Assessing Computational thinking: A Systematic Review of Empirical Studies. Elsevier. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131519303483
Thiagarajan, Semmel dan Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Indiana: ERIC.
Tofanao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 102-113.
Trianto. 2010. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wing, J. M. 2006. Computational thinking. Communication of the Acm, 33-35.
Zahroh, Dwi aulia, Yuliani. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Bioedu:Berkala ilmiah Pendidikan Biologi 10(03) p.605-616 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Zen, Zelhendri & Syafril. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Kencana
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v17i2.64909
Article Metrics
Abstract view : 83 timesPDF - 63 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.