Pengaruh Penggunaan Metode Show and Tell terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di RA Istiqomah Medan T.A. 2018/2019

Wardah El Rahmah, Damaiwaty Ray

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara anak masih rendah dalam kegiatan pembelajaran, anak masih belum mengekspresikan fikirannya melalui berbicara, Kemampuan berbicara anak masih rendah untuk bercerita di depan temannya, guru hanya menggunakan metode satu arah (seperti metode ceramah).  Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode show and tell terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di RA Istiqomah T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di kelas A2 sebagai kelas eksperiment yang ditemukan secara random dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dengan bentuk desain the equivalent time sample design. Variable bebas adalah metode show and tell dan variable terikat kemampuan berbicara anak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata anak kelas tidak diberi perlakuan pertama dengan nilai 1,85 dan perlakuan kedua dengan nilai 2,47. Sedangkan kelas yang diberi perlakuan pertama dengan nilai 2,26 dan perlakuan kedua dengan  2,72. Berdasarkan hasil hipotesis menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode show and tell dalam kemampuan berbicara dengan yang non metode. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh kelas yang tidak  diberi perlakuan dengan nilai thitung dengan jumlah 0,85 yang dibandingkan dengan ttabel yang bernilai 1,753, sehingga dapat dinyatakan bahwa ttabel> thitung (1,753 > 0,85), sedangkan untuk kelas yang diberi perlakuan memperoleh nilai thitung dengan jumlah 0,19 yang dibandingkan dengan ttabel yang bernilai 1,753, sehingga dapat dinyatakan bahwa ttabel > thitung (1,753 > 0,19). Maka dapat disimpulkan dari kedua nilai thitung yang didapat, bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa :”Terdapat pengaruh penggunaan metode show and tell terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di RA ISTIQOMAH MEDAN T.A 2018/2019”.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v5i1.14620

Article Metrics

Abstract view : 446 times
PDF - 820 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.