Pengaruh Kegiatan Mencetak Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Assisi Medan Tahun ajaran 2018/2019
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak, seperti saat menyelesaikan pekerjaan, anak belum memiliki keberanian dalam hal bereksplorasi dan berekspresi, anak ragu, tidak percaya diri, lebih sering meniru cara guru atau teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan mencetak terhadap kreativitas anak kelompok B di Tk Assisi Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B3 kelas eksperimen dengan jumlah 19 anak dan B5 kelas kontrol jumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis dengan teknik statistic deskriptif dengan Uji Mann Whitney (U-Test), yang dilanjut dengan uji signifikasi pada 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ada perbedaan yang signifikan mengenai kreativitas anak di kelas yang melakukan kegiatan mencetak dengan anak di kelas yang melakukan kegiatan mewarnai dengan Zhitung= -4,6 Ztabel= 1,96. Sehingga dapat ditarik kesimpulan ada perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan kreativitas anak kelompok B antara kelas yang diberikan perlakuan mencetak dan kelas yang diberi perlakuan kegiatan mewarnai.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v5i1.14621
Article Metrics
Abstract view : 579 timesPDF - 2323 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.