Pengaruh Kegiatan Mencetak Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Assisi Medan Tahun ajaran 2018/2019

Remida Sagala, Kamtini Kamtini

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak, seperti saat menyelesaikan pekerjaan, anak belum memiliki keberanian dalam hal bereksplorasi dan berekspresi, anak ragu, tidak percaya diri, lebih sering meniru cara guru atau teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan mencetak terhadap kreativitas anak kelompok B di Tk Assisi Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B3 kelas eksperimen dengan jumlah 19 anak dan B5 kelas kontrol jumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis dengan teknik statistic deskriptif dengan Uji Mann Whitney (U-Test), yang dilanjut dengan uji signifikasi pada 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ada perbedaan yang signifikan mengenai kreativitas anak di kelas yang melakukan kegiatan mencetak dengan anak di kelas yang melakukan kegiatan mewarnai dengan Zhitung= -4,6  Ztabel= 1,96. Sehingga dapat ditarik kesimpulan ada perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan kreativitas anak kelompok B antara kelas yang diberikan perlakuan mencetak dan kelas yang diberi perlakuan kegiatan mewarnai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.