Pengaruh Kegiatan BermainPasir Berwarna terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika 1-17 Kec.biru-biru

Utami Pheby Safitri, Sariana Marbun

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengenalan sains yang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain pasir berwarna terhadap pengenalan sains anak usia 5-6 tahun di TK KARTIKA 1-17 KEC.BIRU-BIRU. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Desain penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen Design (penelitian eksperimen semu), dengan bentuk The Equivalen Time Samples Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua anak TK B TK KARTIKA1-17 yang terdiri dari kelas B1 dengan jumlah 15 anak dan kelas B2 dengan jumlah 12 anak. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan pada penilitian ini yaitu teknik purposiverandom sampling.Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaitu observasi terstruktur dengan instrument lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik deskriptif dan statistik inferensial, yaitu uji Tes Friedman. Hasil perhitungan untuk observasi pertama diberikan perlakuan ( ) memperoleh nilai rata-rata 5,2, observasi kedua yang tidak diberi perlakuan ( ) memperoleh nilai rata-rata 3,4, observasi ketiga diberikan perlakuan ( ) memperoleh nilai rata-rata 7,6 dan observasi keempat yang yang tidak diberi perlakuan ( ) memperoleh nilai rata-rata 6,2. Dari hasil data tersebut terlihat bahwa pemberian perlkuan bermain pasir memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan tidak diberi perlakuan. Dari uji hipotesis memperoleh nilai  pada taraf signifikan 0,05 atau 5% yaitu 1208,32 > 7,82 maka nilai rata-rata ( ) signifikan. Dengan demikian penggunaan bermain pasir berpengaruh secara signifikan terhadap pengenalan sains anak usia 5-6 tahun di TK Kartika 1-17 kec. Biru-biru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.