Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santo Antonius 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017

Hot Tua Santa Oki Siregar, Nasriah Nasriah

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Santo Antonius 1 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-posttest control grup design.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok TK B yang ada di TK Santo Antonius 1 Medan.Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, dengan mengocok 4 gulung kertas yang berisi tulisan B1, B2, B3, dan B4.Pengambilan pertama terambil kelas B4, pengambilan kedua kelas B2.Pengambilan pertama di jadikan kelas eksperimen (30 anak), pengambilan kedua kelas kontro (30 anak).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai terendah 25, nilai tertinggi 36 dan nilai rata – rata 31,73 dan kelas kontrol memiliki nilai terendah 12 dan nilai tertinggi 22, dan nilai rata – rata 15,83. Dari hasil perhitungan uji hipotesis di peroleh thitung 11,883  dengan(dk( n1 + n2) -2 = 58, α = 0,05. Harga ttabel demgan nilai n = 58di peroleh 1,695 sehingga di peroleh thitung > ttabel ( 11,883> 1,695). Dengan demikian hipotesis H0 ditolak Ha di terima. Hal ini menunjukkan “ ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Santo Antonius 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017

Kata Kunci: media gambar, perkembangan bahasa, anak usia 5-6 tahun


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v3i1.14649

Article Metrics

Abstract view : 341 times
PDF - 1167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.