Pengaruh Permainan Tradisional Gowokan terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Bayangkara

Nur Asia Rambe, Sariana Marbun

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah  kurangnya perkembangan  sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional gowokan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Bayangkara T.A. 2016/2017. Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak  kelas B TK Pelangi Bayangkara. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random) dengan memberikan kertas pada ketiga  kelas yaitu B1, B2 dan B3,  lalu dimasukkan  kedalam gelas wadah dan dikocok, kemudian diambil secara acak yang terambil pertama  yakni kelas eksprimen, dan yang terambil kedua yakni kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen8,23 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 7, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7,29  dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 6. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel  yaitu 3,48 >1,699 pada taraf α = 0.05. Ho ditolak dan Ha diterimadengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional gowokan dapat mempengaruhi perkembangan sosialemosional anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Bayangkara T.A. 2016/2017


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v3i1.14652

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.