Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai

Mariana Putri Manurung, Dorlince Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita dapat meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di TK.ST Theresia Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Subjek penelitian adalah anak kelas B di TK Santa Theresia Binjai yang berjumlah 18 orang anak,  terdiri atas 8 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK Santa Theresia Binjai. Hasil analisis pada pertemuan1siklus I setelah metode bercerita dilakukan  rata-rata penilaian konsentrasi anak 32.3% yang berarti termasuk kategori cukup. Sedangkan pada pertemuan 2 siklus I setelah metode bercerita dilakukan, rata-rata konsentrasi anak 43.5%  masih berada pada kategor icukup. Hasil observasi dan refleksi pada pertemuan 1 siklus II setelah metode bercerita dilakukan rata-rata penilaian konsentrasi anak 65.7% yang  berarti sudah termasuk kategori baik. Sedangkan pada pertemuan 2 siklus II setelah metode bercerita dilakukan, rata-rata konsentrasi anak meningka tmenjadi 80.5% masih termasuk kategori baik. Dari hasil penelitian  diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatan konsentrasi anak usia 5-6 tahun di TK Santa Theresia.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v5i1.16189

Article Metrics

Abstract view : 2991 times
PDF - 12849 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.