Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan T.A 2018/2019
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa kognitif anak belum berkembang secara maksimal maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap kognitif anak usia 5-6 tahun di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kota Medan. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yaitu Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki karakteristik yang sama dari segi usia yaitu TK B (5-6 Tahun). Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan menggunakan permainan puzzle. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan permainan puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap kognitif anak yaitu dari hasil uji hipotesis thitung (5,69) > ttabel (1,701). Dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan : Ada Pengaruh Yang Signifikan Antara Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v5i2.16196
Article Metrics
Abstract view : 685 timesPDF - 2845 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.