Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan T.A 2018/2019

Ayu Astuti, Jasper Simanjuntak

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa kognitif anak belum  berkembang secara maksimal maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap kognitif anak usia 5-6 tahun di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kota Medan. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yaitu Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki karakteristik yang sama dari segi usia yaitu TK B (5-6 Tahun). Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan menggunakan permainan puzzle. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan permainan puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap kognitif anak yaitu dari hasil uji hipotesis thitung (5,69) > ttabel (1,701). Dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan     : Ada Pengaruh Yang Signifikan Antara Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.