Instrumen Penilaian Derajat Kecanggihan Sistem Pendidikan E-Learning Usia Dini (Studi Kasus: Pendidikan Formal TK (Taman Kanak-Kanak) Dengan Pendekatan Teknometrik

Yosef Barita Sar Manik, Vismeike Septauli Simbolon, Jesica Pratiwi Simanjuntak, Ellen Siagian, Yohana Tambunan, Christine Nababan, Windy Lubis, Natasya Pangaribuan, Monalisa Siahaan

Abstract


Pendidikan mengalami disrupsi dalam skala besar dikarenakan otomatisasi dan kemajuan teknologi, informasi menjadi aksesibel dan peran lembaga pendidikan bukan lagi menjadi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat kerangka penilaian teknologi e-learning pada pendidikan usia dini (PAUD) kategori formal yaitu Taman Kanak-kanak (TK) dan untuk merumuskan kriteria dan indikator penilaian teknologi dengan metodologi teknometrik, dimana kriteria tersebut akan dikelompokkan menjadi 4 aspek yaitu technoware, humanware, infoware, dan orgaware. Hasil penelitian menunjukkan komponen teknologi yang digunakan sebagai parameter penilaian derajat kecanggihan teknologi pembelajaran e-learning pada usia dini kategori formal yaitu taman kanak-kanak yang dirangkum dan dispesifikasikan ke dalam bentuk kriteria, sub-kriteria, dan sub-sub kriteria.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30589

Article Metrics

Abstract view : 390 times
PDF - 315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.