Membangun Komunikasi Efektif Verbal dan Non Verbal dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelurahan Negeri Baru

Elya Siska Anggraini

Abstract


Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak usia lahir sampai enam tahun untuk membantu anak masuk ke tahap pendidikan selanjutnya. Keberhasilan dalam mengajar tidak hanya ditentukan oleh kemampuan, kelengkapan fasilitas atau lingkungan belajar, tetapi juga keterampilan mengajar yang dimiliki guru. Dalam mengajar tentunya seorang guru perlu menguasi teknik berkomunikasi yang benar agar kegiatan pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan komunikasi verbal dan non-verbal dalam pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada                                                            penelitian ini ialah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 4 anak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah penggunaan instrumen verbal dan non verbal membuat pembelajaran lebih menyenangkan karena guru mengetahui apa saja komunikasi verbal dan non verbal dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36190

Article Metrics

Abstract view : 464 times
PDF - 1624 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.