Peran Guru dalam Pengambangan Kognitif dan Strategi Pembelajaran pada Anak Usia Dini

Hasnah Siahaan, Widya Sari Nasution, Siska Ayunita, Nurul Sa’adah Br.batu bara, Nurhaliza Hakim, Emilia Fitri Harahap

Abstract


Perkembangan kognitif adalah proses dimana individu dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan pengetahuanya. Perkembangan kognitif mencakup peningkatan kemampuan memahami memori. Dalam penelitian ini, peniliti menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Di TK.Anisah Rahma ini anak sudah hampir keseluruhan perkembangan kognitifnya berkembang sesuai harapan , dimana anak-anak disana sudah bisa membalas argumen yang kita berikan secara langsung, serta keberanian anak dalam melakukan sesuatu patut diacungi jempol. Ketika sedang bermain anak juga sudah bisa mengatur strategi apa yang dia gunaka untuk permainan tersebut. Dalam mengembangkan kognitif guru harus mampu meningkatkan wawasan pemikiran yang luas pada anak. Melakukan berbagai pendekatan pembelajaran sangat bermanfaat bagi guru dalam mengembangkan kognitif anak, guru dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak.

 

Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini, Peran Guru dalam pengembangan Kognitif AUD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i1.47815

Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF - 1431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.