Meningkatkan Pencapaian Perkembangan Pemecahan Masalah Melalui Permainan Memory Chess Match pada Kelompok B TK Nurul Islam Desa Lantak Seribu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: a) mendeskripsikan peningkatan dari keberhasilan setiap siklus dan pembelajaran melalui permainan memory chess match, dan b) untuk mengetahui bagaimana permainan memory chess match dapat meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus terdapat 7 anak (58,3%) belum berkembang dan 5 anak mulai berkembang (42%) dan pada siklus 1 dilakukan 4 kali pertemuan sudah terjadi peningkatan yang baik. Pertemuan 1 terdapat 11 anak mulai berkembang (92%) 1 anak berkembang sesuai harapan (8%). pertemuan 2 dengan 10 anak mulai berkembang (83%) 2 anak berkembang sesuai harapan (17%). Pertemuan 3 dengan 9 anak mulai berkembang (75%) 3 anak berkembang sesuai harapan (25%). Pertemuan 4 ada 4 anak dengan kriteria mulai berkembang (33%) dan 8 anak berkembang sesuai harapan (67%). Sehingga perlu kiranya melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dilakukan 4 kali pertemuan yang dilaksanakan peneliti dengan memperbaiki kesulitan yang dihadapi anak untuk meningkatkan perkembangan pemecahan masalah anak dengan maksimal. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, pada pertemuan 1 ada 11 anak berkembang sesuai harapan (92%) 1 anak dengan berkembang sangat baik (8%). Pertemuan 2 ada 11 anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (92%) 1 anak berkembang sangat baik (8%). Pertemuan 3 ada 1 anak dengan berkembang sesuai harapan (8%) dan 11 anak berkembang sangat baik (92%). Pertemuan 4 meningkat 12 anak tergolong kriteria berkembang sangat baik (100%).
Kata kunci: pemecahan masalah, memory chess match
Full Text:
PDFReferences
Mutiah, D. (2015). psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Kencana 2010
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2021). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Dalam PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5 Nomor 01, (halaman 805–813). Pekanbaru: Universitas Lancang Kuning. Diakses dari: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640
Permendikbud RI. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 137 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud
Safitri, D., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Meningkatkan Kemampuan Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Melalui Permainan Puzzle. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol 03 Nomor 06, (halaman 1–16). Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak
Sakina, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Percobaan Sederhana Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal III Paranga Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. (halaman 1–202). Makassar: Universitas Muhammadiyah Makasar. diakses dari: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/7854-Full_Text.pdf
Shokhifah, H. (2019). Pengaruh Memory Games (Terapi Permainan Mencocokan Gambar) Terhadap Fungsi kognitif. Surabaya: Stikes Hang Tuah Surabaya.
Suryono, H. (2014). Metode Analisis Statistik: Pedoman Praktis dalam Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Yogyakarta Ombak.
Pradini, P. (2013). Permainan Catur Modifikasi Untuk Meminimalkan Perilaku Stereotypies Pada Anak Autis. (halaman 15-23). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v10i1.48015
Article Metrics
Abstract view : 227 timesPDF - 126 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.