Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Tema Profesi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif Berbasis Problem Solving Pada Tema Profesi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan konsep model ADDIE yaitu diantaranya terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ialah ahli kelayakan isi, ahli tampilan media, guru dan peserta didik kelas B di TK Budi Murni 2 Simalingkar, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, dan Objek penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada tema profesi untuk anak usia 5-6 tahun. Teknis analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh dari uji validitas dengan skala penilaian 1-5 yaitu validasi kelayakan isi memperoleh rata-rata skor sebesar 4,3 yang mana masuk kedalam kategori Sangat Valid/Layak dan validasi tampilan media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4 yang mana masuk kedalam kategori valid/layak. Hasil Uji Praktikalitas dengan skala penilaian 1-5 dapat dilihat bahwa Uji praktikalitas guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,6 yang mana masuk kedalam kategori Sangat Praktis dan hasil respon peserta didik mendapatkan rata-rata penilaian 4 dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada tema profesi untuk anak usia 5-6 tahun telah Valid dan Praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Problem Solving.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v10i1.52275
Article Metrics
Abstract view : 97 timesPDF - 70 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.