Penerapan Pola Hidup Sehat dengan Gizi Seimbang melalui Pembiasaan Sarapan Pagi untuk Anak sebagai Dukungan Implementasi Kurikulum Merdeka
Abstract
Gizi seimbang terdiri dari asupan yang cukup, cukup secara kualitas dan kuantitas serta mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh untuk mejaga kesehatan dan pertumbuhan sehingga anak dapat melakukan aktivitas belajar lebih optimal pada kurikulum merdeka yang diterapkan di lembaga PAUD. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Orang tua murid/wali Murid. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Anailisis data dilakukan dengan mengunakan analisis model Interaktif. Hasil penelitian didapatkan rata-rata orang tua sudah memahami tentang sarapan bergizi dan apa saja makanan yang bergizi. Hanya saja karena kesibukan orang tua di pagi hari, sehingga mereka tidak sempat menyediakan sarapan bergizi untuk anakanya, dan lebih memilih membeli makanan cepat saji. Peran guru dalam mengenalkan makanan bergizi bagi anak usia dini sangatlah penting, agar anak dapat mengenal berbagai makanan bergizi sehingga anak tidak mudah terserang penyakit.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52401
Article Metrics
Abstract view : 348 timesPDF - 1007 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.