Problem Merdeka Belajar dalam Konteks Pembelajaran Anak Usia Dini Di Pusat Kegiataan Gugus Satar Mese Utara

Fransiskus De Gomes

Abstract


Merdeka belajar dalam pembelajaran anak usia dini merupakan merdeka bermain. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi problem merdeka belajar dalam konteks pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan subyek guru PAUD di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Satar Mese Utara yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan Teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik cenderung hanya menyiapkan satu jenis main berupa main sensori motor dalam satu kali pembelajaran. Selain itu, anak tidak diberi kebebasan untuk menentukan sendiri jenis main yang ingin dilakukannya. Media yang disiapkan guru lebih mengarah pada Lembar Kerja Siswa yang bukan merupakan media main anak. Bentuk dukungan yang diberikan guru ketika anak melakukan kegiatan main adalah memberikan pujian dan penghargaan seperti memberikan bintang. Guru melakukan penilaian klasikal. Temuan ini menunjukkan bahwa Lembaga PAUD di PKG Satar Mese Utara belum mengakomodasi merdeka belajar bagi anak usia dini.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52405

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.