Perlindungan Diri: Pendidikan Seks Melalui Buku Pop-up Untuk Anak Usia Dini

Dina Amalia, Siti Rahmaniah Putri, Siti Naila Fauzia, Israwati Israwati, Gracia Mandira

Abstract


Pendidikan seks dapat diperkenalkan pada anak usia dini dengan memanfaatkan media pembelajaran menggunakan buku pop-up. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku pop-up yang memuat tentang pendidikan seks untuk anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan lembar angket validasi untuk memperoleh penilaian ahli dari ahli media dan ahli materi. Hasil validasi buku pop-up pada ahli media memperoleh skor akhir sebesar 98% dengan kategori sangat layak, dan validasi ahli materi memperoleh skor akhir sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi dapat disimpulkan bahwa media buku pop-up yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52425

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.