Kelayakan Modul Digital Berbasis Project Pada Mata Kuliah Metodologi Pengembangan Motorik Anak Usia Dini
Abstract
Seiring perkembangan tekhnologi yang semakin masiv. Tidak dapat mengenyampingkan tekhnologi yang harus mengintegrasi teknologi pada pembelajaran, hal ini sering disebut dengan e-learning, dampak perubahan ini pada pembelajaran adalah meningkatnya kualitas dan nilai pembelajaran mahasiswa karena akses yang lebih besar pada konten pembelajaran dan pendukungnya, dan adanya kolaborasi dan interaksi belajar, meningkatnya jankauan dan fleksibilitas yang memungkinkan pembelajaran kapan saja dan dimana saja, disisi lain teknologi mendukung penurunan biaya dalam pembelajaran, serta perubahan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan dunia kerja (Luppicini & Haghi, 2012), dalam perkembangan tersebut budaya mengajar juga mengalami perubahan dimana budaya mengajar saat ini adalah learned to learn. Namun berdasarkan hasil pengamatan ternyata pada pembelajaran mata kuliah metodologi pengembangan motorik aud belum ada bahan ajar berupa buku yang sesuai dengan kebutuhan perkuliahan, disisi lain pembelajaran berbasis project menjadi metode perkuliahan untuk mempertajam kemampuan analisis, memberikan solusi atas suatu masalah, serta ketelitian mahasiswa, berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin melakukan pengembangan bahan ajar digital berbasis project pada mata kuliah metodologi pengembangan motorik aud, dengan menguji validitas dan reabilitas produk yang dikembangkan dan menguji kepraktisan penggunaan bahan ajar tersebut. pengembangan bahan ajar tersebut akan dilaksanakan menggunakan metode pengembangan oleh Borg & Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan pada produk e-modul untuk dilakukan uji coba.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52428
Article Metrics
Abstract view : 79 timesPDF - 78 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.