Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan Ular Tangga Bertema di TK Al Huda Surakarta

Farida Farida, Nurul Kusuma Dewi, Vera Sholeha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan gerak dasar lokomotor anak usia 4-5 tahun melalui media permainan ular tangga bertema di TK Al Huda Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC Taggart yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari 2 kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penlitian ini adalah anak usia 4-5 tahun sebanyak 15 anak, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes perbuatan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian secara klasikal menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan gerak dasar lokomotor anak usia 4-5 tahun dengan mendapat nilai ketuntasan yaitu pada tahap pra tindakan 33,3%, siklus I sebesar 66,6% dan siklus II sebesar 86,6%. Berdasarkan temuan dari hasil tindakan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media permainan ular tangga bertema dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor anak usia 4-5 tahun.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52431

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.