Analisis Inovasi Pembelajara Seni Anak Usia Dini

Joko Pamungkas, Ad Dieni Maulana Rizka

Abstract


Pembelajaran seni terdiri dari tiga bagian, yaitu seni rupa, seni musik, dan seni tari. Pembelajaran seni rupa anak usia dini dapat meningkatkan aspek perkembangan anak melalui karya-karya kreatif sesuai keinginannya. Pembelajaran seni rupa dapat dilakukan dengan bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi pada pembelajaran seni rupa untuk anak usia dini. metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan triangulasi teknik mulai dari pengumpulan data, reduksi data, dilanjutkan penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Pada teknik pengumpulan data peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya macam inovasi pembelajaran seni rupa anak usia dini yaitu mewarnai di media tepat guna (tas), membatik dengan kuas untuk anak, APE dari tembikar/tanah liat, collaborative painting, dan menganyam dari bahan alam.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52432

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.