Penerapan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Di TK B Nurul Iman Banda Aceh

Rahmatun Nessa, Taat Kurnita Yeniningsih, Vivi Wahyuni, Sitti Muliya Rizka, Rahmi Rahmi

Abstract


Kemampuan mengenal huruf merupakan salah satu perkembangan yang penting pada anak yang harus dikembangakn sejak dini. Kemampuan mengenal huruf yang dimaksud pada penelitian ini adalah menyebutkan simbol-simbol huruf, menyebutkan suara huruf awal dari nama kartu kata bergambar, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan unjuk kerja serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian siklus I, siklus II, sampai siklus III meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui penerapan media papan pintar dapat dilakukan dengan cara guru memperkenalkan media papan pintar pada anak, memperaktekkan secara langsung kegiatan yang akan dilakukan, permainan dilakukan secara bergantian, guru meminta anak untuk menyebutkan simbol-simbol huruf, menyebutkan huruf awal dari kartu kata bergambar dan menyebutkan kelompok bunyi/huruf awal yang sama pada kartu kata bergambar sesuai intruksi. Kemampuan menganal huruf anak setalah dilakukan tindakan menunjukan hasil yang meningkatan yaitu dari 10 subjek anak terdapat 7 subjek berkembang sesuai harapan (BSH) atau mendapat bintang (***) dan 2 subjek berkembang sangat baik (BSB) atau mendapatkan bintang (****).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52435

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.