“Tas Pintar AIMMA” Untuk Stimulasi Karakter dan Keterampilan Hidup Dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia
Abstract
Penggunaan media berbasis digital penting dihadirkan dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media digital “Tas Pintar AIMMA” sebagai sarana untuk menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan dalam mengembangkan karakter dan keterampilan hidup anak, khususnya untuk stimulasi keterampilan bantu diri anak usia dini. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dan rancangan one group pretest-posttest with control group design. Sampel yang digunakan adalah 120 anak usia dini di Kelompok A dan Kelompok B Taman Kanak-Kanak di wilayah DKI Jakarta dan Kota Padang, Sumatera Barat yang dipilih dengan teknik sampel probabilitas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media digital “Tas Pintar AIMMA” diperoleh nilai yang signifikan sehingga efektif digunakan dalam menstimulasi keterampilan bantu diri anak usia dini. Penggunaan media digital “Tas Pintar AIMMA” dalam penelitian ini dapat mengasah keterampilan bantu diri anak melalui buku digital dan video pembelajaran interaktif yang terdapat didalam media tersebut. Media digital interaktif “Tas Pintar AIMMA” efektif digunakan dalam menstimulasi keterampilan bantu diri pada anak (berpakaian, makan dan merawat diri). Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi para praktisi Pendidikan khususnya pendidik anak usia dini dalam mengembangkan keterampilan bantu diri anak usia dini yang menyesuaikan dengan kebutuhan zaman terutama dalam menyiapkan generasi emas Indonesia dimasa kini dan mendatang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52536
Article Metrics
Abstract view : 96 timesPDF - 121 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.