Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyesuaian perangkat ajar pembelajaran dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota Mataram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Subjek pada penelitian ini sebanyak 1 guru dan 8 anak kelompok B dengan Objek penelitian model pembelajaran berbasis projek. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase 90,27% berdasarkan uji coba produk oleh ahli. Pelaksanaan model pembelajaran berbasis projek kurikulum merdeka pada setiap tahap pengembangannya dengan persentase pengembangan I yang dilaksanakan oleh guru sebesar 83,33%, untuk perkembangan anak sebesar 68,43% dan tahap pengembangan II untuk guru sebesar 91,66% dan untuk perkembangan anak sebesar 85,93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota Mataram sudah terlaksana sesuai dengan capaiannya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52976
Article Metrics
Abstract view : 142 timesPDF - 240 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.