Permainan Tradisional Engklek Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini
Abstract
Sekolah sebagai tempat belajar perlu memperhatikan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Karenanya, perkambangan motroik kasar anak belum merata dan perkembangannya belum maksimal, sehingga sekolah perlu mewadahi dengan berbagai permanan yang membantu perkembangan motorik anak salah satunya dapat dilakukan dengan permainan tradisonal engklek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis permainan tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini. Pengumpulan data menggunakan observai, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk menjaga keabsahan data dengan tehnik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Desain pembelajaran tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak usian dini, 2) Bentuk pelaksanaan pembelajaran tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini, dan 3) Dampak pembelajaran tradisional engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v10i2.53019
Article Metrics
Abstract view : 40 timesPDF - 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.