PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAKUSIA 5-6 TAHUN DI TK-A IKHLASIAH MEDANT.A. 2014/2015

CITRA AINI KOTO

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pengembangan kecerdasan logika matematika anak terutama dalam kegiatan pembelajaran. Anak belum tepat menyebutkan urutan bilangan, belum memahami konsep perbandingan banyak sedikit suatu benda, belum mampu mengelompokkan berdasarkan ciri-cirinya, belum memahami konsep pola, serta belum mengenal bentuk-bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain balok terhadap kecerdasan logika matematika  anak usia 5-6 tahun di TKA Ikhlasiah Medan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TKA Ikhlasiah Medan yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas B1 dan B2 yang masing-masing kelas berjumlah 22 anak dan 18 anak. Sampel pada penelitian yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan B2 sebagai kelas kontrol dengan teknik random sampling unit (kelas). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur, dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif uji t dengan taraf nyata  = 0,05.

Berdasarkan analisis data, nilai rata-rata yang diperoleh dalam penelitian pada kelas eksperimen yaitu 67,59 dengan nilai tertinggi 78 dan nilai terendah 55, sehingga kecerdasan logika matematika anak tergolong dalam kategori sangat baik. Dan nilai rata-rata pada kelas kontrol 48 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 40, sehingga kecerdasan logika matematika anak tergolong dalam kategori cukup baik. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui bermain balok berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan logika matematika anak, yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,328>1,7074 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian bermain balok berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TKA Ikhlasiah Medan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v1i1.5835

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.