UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIFANAKUSIA 5-6 TAHUN MELALUIPENERAPAN METODEEKSPERIMENDI PAUD MAWAR KELURAHAN PETISAH HULU MEDAN T.A 2014/2015

Authors

  • Febriyanti Siagian PAUD Mawar

DOI:

https://doi.org/10.24114/jud.v1i1.5837

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Mawar tidak sesuai dengan tahapan usianya. Beberapa penyebabnya antara lain media yang tersedia di sekolah jumlahnya terbatas seperti puzzle, balok, plastisin, dsb. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Mawar Kelurahan Petisah Hulu Medan T.A 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah anak kelas kelompok B yang berjumlah 20 orang (7 orang anak laki-laki dan 13 orang anak perempuan). Hasil dari penelitian kemampuan kognitif anak pada siklus I pertemuan I terdapat 5 orang anak (25%) tergolong cukup dan 15 orang anak (75%) tergolong kurang danĀ  pada pertemuan ke 2 terdapat 11 orang anak (55%) tergolong cukup dan 9 orang anak (45%) tergolong kurang. Hal ini menunjukkan bahwasanya hasil belum mencapai kriteria keberhasilan sehingga perlu dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran pencampuran warna dengan dengan cara mengikutsertakan anak dalam kegiatan eksperimen yang dilakukan. Hal ini dilakukan untuk membuat anak tertarik dalam kegiatan yang akan dilakukan. Kemudian pada siklus II pertemuan I terdapat 12 orang anak (60%) tergolong baik dan 8 orang anak (20%) tergolong cukup. Pada pertemuan 2 terdapat 7 orang anak (35%) tergolong sangat baik dan 13 orang anak (65%) tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pencampuran warna dapat menigkatkan kemampuan kognitif anak. Oleh karena itu, kegiatan pencampuran warna menggunakan metode eksperimen dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelas B PAUD Mawar.

Author Biography

Febriyanti Siagian, PAUD Mawar

Medan Sumatera Utara

Downloads

Issue

Section

Articles