PENGARUH KEGIATAN OUTBOUND TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TRI KARYA MEDAN

Authors

  • Fatia Aini TK Tri Karya

DOI:

https://doi.org/10.24114/jud.v1i1.5840

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang familiarnya kegiatan outbound di kalangan pendidikan anak usia dini, kurangnya kesadaran akan pengaruh kegiatan outbound terhadap kecerdasan kinestetikanak, adanya keterbatasan waktu ketika melakukan kegiatan outbound, adanya rasa takut orangtua terhadap bahaya outbound, kurangnya pengetahuan tentang keuntungan outbound, kurangnya kesadaran orangtua akan pentingnya merangsang kecerdasan kinestetik anak, guru kurang memperhatikan kecerdasan kinestetik anak, orangtua lebih mengutamakan perkembangan intelektual anak daripada kecerdasan kinestetik anak.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Populasi penilitian ini seluruh anak di TK Tri Karya. Sampel terdiri dari 2 kelas, masing-masing berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil analisis data observasi akhir diperoleh Fhitung= 2,4> Ftabel= 0,242 (tidak homogen). Uji hipotesis didapat thitung> ttabel = 24,34 > 2,18, maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari kegiatan outbound terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun.

Author Biography

Fatia Aini, TK Tri Karya

Medan, Sumatera Utara

Downloads

Issue

Section

Articles