Pengembangan Permainan Congklak untuk Memfasilitasi Pemahaman Geometri Anak Usia Dini
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi dilapangan terkait dengan kurang variatifnya alat permainan edukatif dalam pembelajaran geometri serta belum pernahnya dilaksanakan permainan tradisional dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penelitian mengenai dasar kebutuhan dan rancangan penggunaan permainan congklak untuk memfasilitasi pemahaman geometri anak usia dini. Desain penelitian yang digunakan adalah kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai sumber seperti buku, skripsi, jurnal dan beberapa regulasi dari pemerintah. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian campuran (mix methode) dengan jenis pengembangan penelitian EDR (Educational Design Research) yang memiliki 3 tahapan yaitu tahap analysis and exploration, design and construction dan evaluation and reflection. Pada penelitian ini hanya sampai tahap 2 saja khususnya sampai desain pengembangan. Berdasarkan hasil analisis yang menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan dari kedua fakta tersebut, maka dalam hal ini perlu adanya inovasi alat permainan sebagai pilihan solusi dari permasalahan. Data tersebut menjadi dasar kebutuhan sebagai acuan dalam membuat rancangan dan pengembangan media pada tahap selanjutnya.
Kata kunci: permainan tradisional, permainan congklak, bentuk geometri, anak usia dini
DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v10i2.61354
Article Metrics
Abstract view : 17 timesPDF - 11 times PDF - 31 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.