Implementasi Dimensi Gotong Royong Pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dimensi gotong royong dalam proyek penguatan profil peserta didik Pancasila di TK Negeri Pembina 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dimensi gotong royong dalam penguatan profil peserta didik Pancasila di TK Negeri Pembina 2 Palembang sudah berjalan dengan baik. Menunjukkan bahwa anak dapat bekerja sama, dalam menjalankan tugas yang dikerjakan secara berkelompok, anak dapat berinteraksi dengan baik, untuk mencapai tujuan pembuatan kain jumputan, dan anak memahami makna berbagi, mampu mengungkapkan perasaan empati, dan merasakan kegembiraan saat berbagi. Faktor pendukung yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai serta semangat dan antusias anak dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman guru terhadap profil peserta didik Pancasila. Namun dengan adanya modul pelatihan profil peserta didik Pancasila dari kepala sekolah, guru dapat meningkatkan pemahamannya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v10i2.61943
Article Metrics
Abstract view : 25 timesPDF - 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.