Pengembangan Permainan Congklak untuk Memfasilitasi Pemahaman Geometri Anak Usia Dini

Authors

  • Ela Latifah Fuadah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Taopik Rahman Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/jud.v10i2.65981

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di lapangan terkait dengan kurang variatifnya alat permainan edukatif dalam pembelajaran geometri serta belum pernahnya dilaksanakan permainan tradisional dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penelitian mengenai dasar kebutuhan dan rancangan penggunaan permainan congklak untuk memfasilitasi pemahaman geometri anak usia dini. Desain penelitian yang digunakan adalah kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai sumber seperti buku, skripsi, jurnal, dan beberapa regulasi dari pemerintah. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian campuran (mix method) dengan jenis pengembangan penelitian EDR (Educational Design Research) yang memiliki tiga tahapan, yaitu tahap analysis and exploration, design and construction, serta evaluation and reflection. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap kedua, khususnya pada tahap desain pengembangan. Berdasarkan hasil analisis yang menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan dari kedua fakta tersebut, maka dalam hal ini perlu adanya inovasi alat permainan sebagai pilihan solusi dari permasalahan. Data tersebut menjadi dasar kebutuhan sebagai acuan dalam membuat rancangan dan pengembangan media pada tahap selanjutnya.

Downloads

Published

2024-12-30