Permainan Tradisional Engklek untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini

Authors

  • Firdah Maula Fatma Suari Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Abdul Karim Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.24114/jud.v10i2.65982

Abstract

Sekolah sebagai tempat belajar perlu memperhatikan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Karenanya, perkembangan motorik kasar anak belum merata dan perkembangannya belum maksimal, sehingga sekolah perlu mewadahi dengan berbagai permainan yang membantu perkembangan motorik anak, salah satunya dapat dilakukan dengan permainan tradisional engklek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis permainan tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) desain pembelajaran tradisional engklek dapat mengembangkan motorik kasar anak usia dini, 2) terdapat bentuk pelaksanaan pembelajaran tradisional engklek yang efektif, dan 3) pembelajaran tradisional engklek berdampak positif terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini.

Downloads

Published

2024-12-30