Implementasi Dimensi Gotong Royong pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.24114/jud.v10i2.65984Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dimensi gotong royong pada proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Negeri Pembina 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dimensi gotong royong pada penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Negeri Pembina 2 Palembang telah berjalan baik. Anak-anak mampu bergotong royong dalam melaksanakan tugas secara berkelompok, berinteraksi dengan baik untuk mencapai tujuan pembuatan kain jumputan, memahami makna berbagi, mengungkapkan empati, dan merasakan kegembiraan saat berbagi. Faktor pendukung dalam kegiatan ini meliputi sarana dan prasarana yang memadai serta semangat dan antusiasme anak-anak. Sementara itu, hambatan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman guru terhadap konsep Profil Pelajar Pancasila. Namun, pelatihan modul dari kepala sekolah membantu meningkatkan pemahaman guru.Downloads
Published
2024-12-30
Issue
Section
Articles