Pentingnya Peran Orang Tua dalam Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Authors

  • Dwi Maya Novitri Universitas Negeri Medan
  • Egi Novaria Barus Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jud.v10i2.65985

Abstract

Tujuan penelitian ini menyoroti peran sentral orang tua dalam mendukung perkembangan kemampuan berbahasa anak melalui interaksi keseharian dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat, serta bagaimana peran orang tua dalam memberikan pengembangan kemampuan berbahasa Inggris pada anak usia dini. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian literatur yang mencakup teori-teori yang berkaitan dengan isu-isu yang diteliti. Data yang dikumpulkan dan dianalisis sebagian besar berasal dari literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua tepat diberikan kepada anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, seperti daya ingat, pemecahan masalah, dan kreativitas. Orang tua memiliki peran sentral dalam membangun motivasi belajar anak. Orang tua harus mengetahui cara yang efektif untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak, termasuk pemilihan metode yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Dengan adanya komunikasi dan metode yang baik, hal ini dapat membantu anak dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia global yang semakin terhubung.

Downloads

Published

2024-12-30