Analisis Proses Pembelajaran Seni Berbasis Salafi Pada Anak Usia Dini di TK Islam Yaa Bunayya Palembang

Authors

  • Putri Insania UIN Raden Fatah Palembang
  • Elsa Cindrya UIN Raden Fatah Palembang
  • Maryamah Maryamah UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengetahui proses pembelajaran seni berbasis salafi pada anak usia dini di TK Islam Yaa Bunayya berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi: 1) Proses pembelajaran seni berbasis salafi pada anak usia dini di TK Islam Yaa Bunayya Kota Palembang telah berkembang sesuai dengan indikator perkembangan anak dan berjalan dengan baik, yaitu menghasilkan kreativitas berupa menggambar dan mewarnai teknik gradasi, penampilan drama dengan penuh percaya diri. 2) Dalam mengefektifkan kelas seni guru berperan sebagai motivator, fasilitator dan cerminan bagi anak. 3) Pelaksanaan pembelajaran seni di dukung oleh faktor internal (berasal dari diri anak sendiri), dan faktor eksternal (berasal dari luar). 4) Hambatan yang dialami di antaranya faktor diri sendiri, pola asuh dan sistem pendidikan.

Author Biographies

Elsa Cindrya, UIN Raden Fatah Palembang

Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengetahui proses pembelajaran seni berbasis salafi pada anak usia dini di TK Islam Yaa Bunayya berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi: 1) Proses pembelajaran seni berbasis salafi pada anak usia dini di TK Islam Yaa Bunayya Kota Palembang telah berkembang sesuai dengan indikator perkembangan anak dan berjalan dengan baik, yaitu menghasilkan kreativitas berupa menggambar dan mewarnai teknik gradasi, penampilan drama dengan penuh percaya diri. 2) Dalam mengefektifkan kelas seni guru berperan sebagai motivator, fasilitator dan cerminan bagi anak. 3) Pelaksanaan pembelajaran seni di dukung oleh faktor internal (berasal dari diri anak sendiri), dan faktor eksternal (berasal dari luar). 4) Hambatan yang dialami di antaranya faktor diri sendiri, pola asuh dan sistem pendidikan.

Maryamah Maryamah , UIN Raden Fatah Palembang

Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengetahui proses pembelajaran seni berbasis salafi pada anak usia dini di TK Islam Yaa Bunayya berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi: 1) Proses pembelajaran seni berbasis salafi pada anak usia dini di TK Islam Yaa Bunayya Kota Palembang telah berkembang sesuai dengan indikator perkembangan anak dan berjalan dengan baik, yaitu menghasilkan kreativitas berupa menggambar dan mewarnai teknik gradasi, penampilan drama dengan penuh percaya diri. 2) Dalam mengefektifkan kelas seni guru berperan sebagai motivator, fasilitator dan cerminan bagi anak. 3) Pelaksanaan pembelajaran seni di dukung oleh faktor internal (berasal dari diri anak sendiri), dan faktor eksternal (berasal dari luar). 4) Hambatan yang dialami di antaranya faktor diri sendiri, pola asuh dan sistem pendidikan.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles