Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Membilang Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Pgri Bakti Mandiri
Abstract
Masalah pada penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membilang anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Bakti Mandiri. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran masih banyak anak yang belum mampu membilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan membilang anak usia dini 5-6 tahun di TK PGRI Bakti Mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi experimental design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah peserta didik usia 4-5 tahun A yang terdiri dari 2 kelas yaitu A1 dan A2 di TK PGRI Bakti Mandiri. Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelompok A1 di TK PGRI Bakti Mandiri. Uji Dua T akan digunakan untuk uji hipotesis untuk membandingkan nilai rata-rata pretest dan posttest. Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Membilang Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI Bakti Mandiri. Berdasarkan hasil dari posttest dapat disebutkan bahwa hasil perhitungan nilai t didapatkan sebesar -15,334 dengan angka probabilitas (Sig.) 0,000. Yang artinya bahwa dari hasil uji t tersebut dinyatakan bahwa H0 ditolak dan hipotesis penelitian H1 diterima, artinya bahwa pemggunaan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran menghitung pada anak usia 4-5 di TK PGRI Bakti Mandiri. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan yang bermakna/signifikan antara rata-rata kemampuan anak dalam pembelajaran membilang saat sebelum dan sesudah diberikan pemahaman dengan menggunakan metode bernyanyi.Downloads
Published
2025-06-30
Issue
Section
Articles