Upaya Meningkatkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Sicaplang (Simak-Ucap-Ulang) Pada Paud SPS TP Dahlia IV

Authors

  • Siti Nurlaelah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Wening Rahayu Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Nuligar Hastiningsih Universitas Panca Sakti Bekasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode SICAPLANG (Simak-Ucap-Ulang) di PAUD SPS TP Dahlia IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti model spiral Kurt Lewin, terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SICAPLANG secara signifikan meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan menyimak, mengulang, dan mengucapkan kata-kata dengan benar. Dari 15 anak yang terlibat dalam penelitian, terjadi peningkatan yang signifikan pada kemampuan bahasa mereka setelah diterapkannya metode ini. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa anak usia dini.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles