Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Papan Edukatif (Penelitian Tindakan Kelas Di Bimba ABC)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui penggunaan media permainan papan edukatif. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian adalah 10 siswa di BIMBA ABC Bulak Tinggi Tengah Bekasi. Data dikumpulkan melalui perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan papan edukatif efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak. Sebelum intervensi, hanya 4 anak yang memenuhi kriteria berkembang, namun setelah siklus I, kemampuan berbicara meningkat menjadi 70% dan pada siklus II mencapai 90%, dengan 9 siswa memenuhi kriteria berkembang sangat baik. Permainan papan edukatif juga melibatkan anak dalam diskusi tentang alat transportasi, mengutarakan pendapat, dan bercerita kembali, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan keterampilan berbicara.Downloads
Published
2025-06-30
Issue
Section
Articles