Penanganan Anak Speech Delay Menggunakan Metode Bercerita (Kelompok A Usia 5-6 Tahun) Di Ra Ar Ridho Pondok Ungu

Authors

  • Annisa Oktavia Putri Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Delina Kasih Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Wening Rahayu Universitas Panca Sakti Bekasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan dan efektivitas metode bercerita dalam menangani anak-anak dengan speech delay di RA Ar Ridho Pondok Ungu. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan kepala sekolah, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita efektif dalam meningkatkan kosakata, keterampilan berbicara, dan pemahaman bahasa anak-anak. Faktor-faktor seperti kecerdasan, penggunaan bahasa kedua, dan lingkungan keluarga berpengaruh pada perkembangan bahasa anak. Penelitian ini menyoroti pentingnya metode bercerita sebagai strategi intervensi yang signifikan dalam terapi bahasa anak-anak dengan speech delay, serta pentingnya dukungan lingkungan dalam proses perkembangan bahasa mereka.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles