Meningkatkan Kemampuan Melalui Permainan Kincir Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Adinda Syifa Fauziah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Arie Widyastuti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Wening Rahayu Universitas Panca Sakti Bekasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan media Kincir Angka di TK Bhakti Kusuma, Kota Bekasi. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dalam dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 anak kelompok A. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan: pada siklus I, kemampuan berhitung meningkat dengan 40% anak berkembang sangat baik (BSB), dan pada siklus II meningkat menjadi 80% anak berkembang sangat baik (BSB). Hasil ini menunjukkan bahwa media Kincir Angka efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti Kusuma. Penelitian ini membuktikan bahwa metode ini dapat mencapai atau melebihi tingkat ketuntasan 75%, dengan hasil akhir mencapai 80%.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles