Pengaruh Kegiatan Pencampuran Warna Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Medan
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pencampuran warna terhadap keterampilan proses sains anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental dengan bentuk Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang berjumlah 29 anak yang akan dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen lembar observasi. Data dianalisis menggunakan Uji-t dengan taraf nyata α=0,05. Hasil Uji Hipotesis dengan Uji T dengan SPSS yaitu nilai posttest Sig. (2-tailed) = 0,046. Sedangkan alpha penelitian = 5% atau 0,05. Artinya, nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai alpha (0,046 < 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh kegiatan pencampuran warna terhadap keterampilan proses sains anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Medan.Downloads
Published
2025-12-20
Issue
Section
Articles





