PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang ada di TK Santa Lusia Medan yang berjumlah 173 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara membuat undian. Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas B3 sebagai kelas kontrol dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yaitu kelas B4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan uji homogenitas, normalitas dan hipotesis (Uji-t). Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung(30,55)> ttabel(1,676). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari metode bercerita terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan. Metode Bercerita dapat dijadikan salah satu alternatif dalam membentuk karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v2i1.9291
Article Metrics
Abstract view : 775 timesPDF - 1263 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.