Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B dengan Menggunakan Media Gambar

Farida Hariyani

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis di PAUD Walidayna. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis Huruf pada anak dengan menggunakan media gambar di PAUD Walidayna. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 16 orang, yang terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa keterampilan menulis huruf pada anak yaitu, sebanyak 3 orang (18,75%) anak yang tergolong kurang 11 orang (68,75%) anak yang tergolong cukup, dan 2 orang (12,5%) anak yang tergolong baik. Hasil analisis siklus II diperoleh data bahwa keterampilan menulis anak mengalami peningkatan yaitu jumlah anak yang keterampilan menulisnya tergolong baik bertambah menjadi 7 orang (43,75%), anak yang tergolong baik bertambah menjadi 8 orang (50%), dan anak yang tergolong cukup menjadi 1 orang (6,25%). Dari hasil temuan penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis anak kelompok B PAUD Walidayna Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v2i1.9292

Article Metrics

Abstract view : 530 times
PDF - 1368 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.