MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI T.A 2016/2017

Nurliza Santy, Nelly Armayanti

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Coorperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horaypada siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP-2 (Eksperimen I) yang berjumlah 30 orang dan X AP-3 (Eksperimen II) yang berjumlah 30 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 79,33 dengan standar deviasi sebesar 8,88. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 74,00 dengan standar deviasi 7,81. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 -2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2.550 dan ttabel sebesar 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2.550 > 1,671) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran Coorperative Integrated Reading And Composition (CIRC)lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 48,33% daripada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horaydengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 42,12% pada mata pelajaran administrasi perkantoran Kelas X AP SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.A 2016/2017.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v8i2.14531

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 53 times

Refbacks