PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) mengetahui besarnya pengaruh gaya mengajar guru dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017.P enelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 76 orang, sampel penelitian ini berjumlah 76 orang diambil dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis linier berganda dan mengunakan uji hipotesis secara parsial (uji t), dan secara simultan (uji f) serta mengunakan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf signifikan 5%, variabel gaya mengajar guru (X1) nilai thitung = 35.764 dan ttabel = 1.665maka thitung > ttabel yaitu 35.764> 1.665 yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel keterampilan guru mengajar (X2) nilai thitung = 4.102dan ttabel = 1.665maka thitung> ttabel yaitu 4.102> 1.665 yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa. Pengujian hipotesis secara simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilaiFhitung= 56.066dan Ftabel = 3.12 maka Fhitung > Ftabel (56.066>3.12) yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara gaya mengajar guru dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa. Dan koefisien determinasi R2sebesar 0.606hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel gaya mengajar guru dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar adalah 60.6%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar guru dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/judika.v8i2.14549
Article Metrics
Abstract view : 235 timesPDF - 114 times
Refbacks