PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, DISIPLIN BELAJAR, DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.A 2018/2019

Hasyim, Reza Fauzan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap kreativitas belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019.2) pengaruh antara disiplin belajar terhadap kreativitas belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019.3) pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 4) pengaruh antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 5) pengaruh antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 6) pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Prayatna 1 Medan dengan populasi sebanyak 104 siswa dan sampel sebanyak 51 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi berprestasi, disiplin belajar, kreativitas belajar berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar kewirausahaan siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai kewirausahaan siswa kelas XI A.P SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.0. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 7,982 + 0,307 X1 + 0,371 X2 + 0,239X3 + e. Hasil uji-t untuk variabel Motivasi Berprestasi (X1) memiliki pengaruh yang signifkan secara parsial terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai thitung>ttable (3,590 > 1,677) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Sedangkan disiplin belajar siswa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan dengan nilai thitung>ttable (5,929 > 1,677) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Sedangkan KreativitasBelajar (X3) thitung>ttable (3,485 > 1,677) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Secara bersama-sama motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan dengan nilai sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Persentase sumbangan pengaruh motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa sebesar 86,2%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v8i3.14613

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 104 times

Refbacks