PENGARUH PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN HUMAS KELAS XI AP SMK TAMAN SISWA LUBUK PAKAM 2 TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Humas kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Taman Siswa Lubuk Pakam 2 Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Keahlian Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Lubuk Pakam 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Taman Siswa Lubuk Pakam 2 yang berjumlah 40 siswa dan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil dengan menggunakan total sampling. Data yang diperlukan diperoleh menggunakan observasi, angket dan dokumnetasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reabilitas. Hasil penelitian yang diambil adalah: 1) Pemanfaatan lembar kerja siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji-t yang memperoleh thitung variabel pemanfaatan lembar kerja siswa (X1) sebesar 2,088 lebih besar dari ttabel (1,686) pada taraf signifikan 5%. 2) Kemandirian belajar berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji-t yang memperoleh thitung variabel kemandirian belajar (X2) sebesar 1,862 lebih besar dari ttabel (1,686) pada taraf signifikan 5%. 3) Pemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan siginifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji-F yang memperoleh nilai Fhitung>Ftabel (3,693 > 3,25) pada taraf signifikan 5%. Untuk hasil perhitungan determinasi (R2) diperoleh koefisien determinasi sebesar 56,6% menunjukkan bahwa pemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 56,6% dan sisanya sebesar 43,40% dipengaruhi faktor lain.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/judika.v8i3.14615
Article Metrics
Abstract view : 256 timesPDF - 146 times
Refbacks