EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2016 FAKULTAS EKONOMI UNIMED

Wirdha Annisa Nasution, Hasyim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran Project Based Learning terhadap Prestasi Belajar mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan Mahasiswa Pend. Administrasi Perkantoran Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/I Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2016 dengan jumlah sampel 81 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket, dan dokumentasi. Sebelum angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu angket tersebut di uji cobakan untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas.

                   Hasil analisis data dengan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 77,907 + 0,096 X selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,47 yang berarti sebesar 47% variabel Project Based Learning (X) memberikan sumbangan hubungan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Variabel X dengan perhitungan data diperoleh thitung>ttabel = (2,226>1,99). Variabel model pembelajaran Project Based Learning setelah dilakukan moderasi dengan CIPP terjadi peningkatan yang terlihat pada thitung sebesar (2,22<2,45). Sedangkan uji-F diperoleh bahwa secara simultan variabel X berpengaruh positif dan signifikan dengan menggunakan CIPP terhadap prestasi belajar dengan nilai dari Fhitung>Ftabel (4,95>3,96). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa model pembelajaran Project Based Learning memiliki hubungan terhadap prestasi mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.