PENGARUH FASILITAS SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana: pengaruh yang positif dan signifikan dari fasilitas sekolah dan kompetensi profesional guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Teknik Random Sampling, yaitu sebanyak 49 orang. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel fasilitas sekolah (X1) diperoleh thitung > ttabel (14,875 > 1,677) pada taraf signifikansi 95%, berarti fasilitas sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel kompetensi professional guru (X2) nilai thitung > ttabel (4,091 > 1,677) dan angka sig 0,003 < 0,05, berarti kompetensi professional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (79,109 > 3,20) dan nilai signifikansi 95% dan α sebesar 0,05, maka 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas sekolah (X1) dan kompetensi professional guru (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Hasil analisis linear berganda diperoleh : Y = 33,86 + 0,539 X1 + 0,326 X2 + e menunjukkan bahwa fasilitas sekolah dan kompetensi professional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/judika.v9i1.36411
Article Metrics
Abstract view : 95 timesPDF - 56 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.