HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2019/2020

Africilia Dumasari Samosir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adanya hubungan keterampilan guru mengajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi siswa di SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan dengan jumlah populasi 105 orang yang terdiri dari 3 kelas dan sampel 51 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel keterampilan guru mengajar diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2,489 > 1,675) pada taraf signifikansi 95%, hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X1 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). 2) secara parsial untuk variabel penggunaan media pembelajaran diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2,501 > 1,675) dengan signifikan 0,016 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X2 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y). 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (3,559> 3,190) dengan signifikan 0,035 < 0,05 hal ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara Keterampilan Guru Mengajar (X1) dan Penggunaan Media Pembelajaran (X2) dengan Prestasi Belajar (Y).

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Keterampilan Guru Mengajar dan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020, dengan diperolehnya nilai R­2 sebesar 43% yang berarti bahwa variabel bebas yaitu keterampilan guru mengajar (X1) dan penggunaan media pembelajaran (X2) secara bersama-sama berhubungan dengan prestasi belajar sebesar 43% sedangkan sisanya 57% dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Keterampilan Guru Mengajar dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar kelas XI OTKP di SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020 dapat diterima.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v9i2.36417

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.